Begini Cara Menghitung Kalori Harian, Agar Tubuh Selalu Sehat

Begini Cara Menghitung Kalori Harian, Agar Tubuh Selalu Sehat

Kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari bernafas, kemudian berperan dalam sirkulasi darah, pencernaan hingga produksi sel. Kebutuhan kalori setiap orang, berbeda dan bisa diukur dengan cara menghitung kalori harian yang mudah dipahami.

Jumlah dari kalori yang dibutuhkan tubuh, biasa juga disebut dengan istilah Basal Metabolic Rate (BMR). Usia, jenis kelamin, berat, dan tinggi badan merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi BMR seseorang. Berikut ini, cara dan berapa kebutuhan kalori standar manusia pada umumnya.

Cara Menghitung Kalori Harian

Jika merujuk pada rumus Harris-Benedict, Anda bisa menghitung sendiri kebutuhan BMR dengan cara relatif mudah. Dibedakan berdasarkan jenis kelamin, mau tahu caranya?

  • Penghitungan BMR Wanita

Anda bisa menggunakan rumus ini : 655+(9,6 x berat badan Anda dalam satuan kilogram) + (1,8 x tinggi badan Anda dalam satuan centimeter) – (4,7 x usia Anda saat ini).

  • Penghitungan BMR Pria

Anda bisa menggunakan rumus ini : 66 + (13,7 x berat badan Anda dalam satuan kilogram) + (5 x tinggi badan Anda dalam satuan centimeter) – (6,8 x usia Anda saat ini).

Penghitungan ini berlaku untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Kemudian, Anda bisa melakukan akumulasi BMR dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Tolak ukurnya adalah olahraga.

  1. Tidak Pernah Olahraga

Rumusnya adalah : BMR x 1,2

  1. Olahraga Maksimal 3 Hari Dalam 1 Minggu

Rumusnya adalah : BMR x 1,375

  1. Olahraga Maksimal 5 Hari Dalam 1 Minggu

Rumusnya adalah : BMR x 1,55

  1. Olahraga Maksimal 7 Hari Dalam 1 Minggu

Rumusnya adalah : BMR x 1,72

  1. Olahraga Maksimal 7 Hari dalam 1 Minggu Dengan Aktivitas Fisik Tinggi

Rumusnya adalah : BMR x 1,9

Hitungan ini adalah perkiraan, bukan standar utama. Paling tidak, setelah mengetahui informasi ini Anda akan lebih aware untuk memastikan asupan gizi harian bisa membantu memproduksi kalori yang cukup. Sehingga Anda bisa memiliki tubuh yang selalu sehat setiap hari.

Bagaimana Cara Memenuhi Kalori Harian?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh menghasilkan kalori yang tepat untuk memaksimalkan metabolisme. Beberapa diantaranya adalah:

  • Terapkan pola makan empat sehat dan lima sempurna, dimana durasi makan sebanyak tiga kali sehari dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Contoh, nasi merah ditambah daging ayam, sayur, dan buah. Kemudian diakhiri dengan minum segelas susu.
  • Jika Anda tak bisa makan dengan porsi banyak dalam satu kali makan, maka siasati dengan makan lebih sering supaya asupan gizi tetap terjaga.
  • Pastikan untuk istirahat yang cukup setiap hari, sesuai usia dan kondisi tubuh.
  • Hindari kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok, minum beralkohol, atau begadang.
  • Mulailah rutin melakukan olahraga.

Demikianlah penjelasan tentang cara menghitung kalori harian dan bagaimana upaya Anda untuk memenuhi kebutuhan kalori setiap hari. Jika saat ini Anda belum menerapkannya, maka ubah pola hidup dan mulai lakukan upaya pemenuhan kalori yang tepat.