Anak Enggan Makan Sayuran dan Buah? Coba 4 Cara Ini, Yuk!

Anak Enggan Makan Sayuran dan Buah? Coba 4 Cara Ini, Yuk!

Seiring perkembangan usia anak, ia akan berubah menjadi pribadi yang lebih memilih dalam mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang disukai. Memberikan makanan yang disukai anak boleh-boleh saja, tetapi Anda harus tetap memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selain memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein, pastikan anak cukup konsumsi buah dan sayuran yang kaya mineral serta vitamin. Manfaat vitamin B kompleks atau vitamin lain bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak lebih baik.

Cara sederhana mengajari anak gemar makan sayuran dan buah

Manfaat vitamin B kompleks bisa mendukung sistem saraf, kecerdasan otak, kinerja organ, dan masih banyak manfaat kesehatan untuk pertumbuhan anak Anda. Kebanyakan vitamin B kompleks terdapat pada buah dan sayuran, tergantung jenis vitamin B yang dimaksud. Misalnya sayuran hijau mengandung vitamin B2 dan B3 atau buah kaya vitamin B6, sedangkan jenis daging dan telur kaya vitamin B12.

Jika anak enggan makan sayur dan buah, coba cara sederhana ini di rumah, ya!

1. Diolah menjadi makanan yang lebih inovatif

Sebaiknya orangtua tidak menyerah lebih dulu dengan mengolah makanan menjadi lebih inovatif, misalnya salad buah, salad sayur atau cemilan kekinian. Campurkan sayuran yang kaya nutrisi ke dalam makanan yang mereka sukai, misalnya omelet telur sayuran, sandwich isi sayuran dan lain-lain.

2. Memberikan camilan yang sehat

Alih-alih menuruti keinginan anak untuk ngemil jajan ringan yang mengandung pengawet, coba saja memberikan camilan yang sehat setiap hari. Jika anak membawa bekal ke sekolah, usahakan tetap memberikan sayur atau irisan buah ke dalam kotak bekal. Demi menarik minat makan anak, buat bentuk buah atau sayuran yang unik agar anak lebih suka makan camilan sehat.

3. Memberikan informasi kesehatan dan reward

Ajak anak berbicara mengenai manfaat penting makan sayur dan buah setiap hari. Tunjukkan pula contoh yang baik agar anak bisa melakukan kebiasaan tersebut sesuai dengan kebiasaan orangtua. Memberikan hadiah bila anak berhasil menghabiskan porsi salad buah atau makanan yang terbuat dari sayur dan buah lain, sah-sah saja.

4. Konsistensi

Membiasakan anak-anak konsumsi sayuran dan buah membutuhkan konsistensi tinggi sehingga Anda tidak boleh putus asa. Nantinya anak-anak akan terbiasa makan sayur dan buah berkat dukungan dari para orangtua di rumah. Mendapatkan manfaat sehat dari konsumsi sayuran dan buah akan membuat anak memahami pentingnya mendapatkan asupan mineral dan vitamin seiring waktu berlalu.

Diskusi mengenai jenis sayuran dan buah yang mengandung mineral dan vitamin bisa membantu anak memahami pentingnya konsumsi makanan kaya nutrisi ini. Manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan anak harus terpenuhi agar ia bisa tumbuh berkembang secara optimal. Yuk, bikin olahan menu yang lebih variatif dengan memanfaatkan sayuran dan buah!